Tidak menemukan informasi yang anda cari? Coba periksa semua artikel yang ada di e-kehamilan pada daftar artikel kami.
Daftar Artikel - Cepat Hamil - Kehamilan

Menghilangkan dan Mengurangi Mual Saat Hamil



Mual dan muntah merupakan satu siklus perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Pada saat Hamil, tubuh ibu hamil mempersiapkan proses tumbuh kembang janin dengan produksi hormon estrogen selama trimester kehamilan.

Perubahan keseimbangan hormon pada ibu hamil inilah yang menyebabkan rasa mual dan muntah yang biasa terjadi di pagi hari.

Istirahat mungkin menjadi salah satu kegiatan favorit ibu hamil untuk mengurangi mual saat hamil. Namun demikian perlu diingat bila ibu hamil terlalu banyak beristirahat, ada kemungkinan janin tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup sehingga malah membahayakan kehamilan.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan mengurangi mual saat hamil.


Olahraga ringan

Melakukan aktifitas olah raga ringan memiliki efek yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Hal ini selain membuat kita menjadi lebih bugar juga dapat meningkatkan stamina sehingga rasa mual saat hamil bisa berkurang.


Buah Segar

Buah sangat penting bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah segar secara langsung juga dapat dikonsumsi berkala untuk mengurangi rasa mual dan muntah.

Perlu diingat bahwa tidak semua buah segar boleh di konsumsi selama kehamilan. Nanas, Anggur, Durian dan Pepaya merupakan jenis-jenis buah yang tidak dianjurkan selama kehamilan. Buah yang aman di konsumsi selama kehamilan adalah jeruk, mangga, alpukat dan apel.


Jahe

Jahe memiliki rasa hangat dan aroma khas yang dapat menghilangkan mual saat hamil. Konsumsi jahe bisa dilakukan dengan mencampurkannya dalam segelas teh atau langsung diseduh dengan air panas. Gunakan gula secukupnya untuk menghindari gangguan kehamilan seperti kaki bengkak.


Suhu Dingin

Hampir di seluruh trimester kehamilan, ibu hamil akan merasa gerah dan panas. Pada saat suhu terasa lebih panas, hal ini akan mendorong rasa mual menjadi lebih terasa. Untuk itulah sebaiknya kita menggunakan kipas angin atau AC untuk mendinginkan suhu tubuh.


Terapi Akupuntur

Beberapa klinik akupuntur menawarkan terapi untuk menghilagkan rasa mual dengan cara menstimulasi titik syaraf tertentu di dalam tubuh. Berhubung hal ini secara klinis termasuk sulit dilakukan, usahakan hanya melakukan terapi akupuntur hanya pada klinik kesehatan yang sudah terpercaya agar kesehatan kehamilan ibu dan janin tidak terganggu.

1 comment:

  1. Olahraga yang benar-benar aman untuk wanita hamil apa ya?

    ReplyDelete

Untuk pengembangan situs ini, kami sangat berterima kasih apabila pembaca menyampaikan pertanyaan, saran maupun kritik atas tulisan - tulisan kami.