Tidak menemukan informasi yang anda cari? Coba periksa semua artikel yang ada di e-kehamilan pada daftar artikel kami.
Daftar Artikel - Cepat Hamil - Kehamilan

Anak Pergi dari Rumah



Alasan utama anak pergi dan tidak pulang kembali ke rumah adalah karena takut dimarahi oleh orang tua. Mereka merasa omelan orang tua merupakan suatu hal yang sangat tidak menyenangkan sehingga memilih untuk tidak kembali ke rumah.

Mendidik anak memang harus tegas namun demikian kita tidak perlu menjadi galak pada si kecil sehingga membuat dirinya merasa tertekan di rumah. Intonasi suara yang tinggi dan ekspresi mata melotot tidak perlu terjadi. Kita sebagai orang tua bisa bertindak tegas dengan tetap berwajah tenang dengan senyuman. Walaupun tidak marah dan tidak mengomel, seorang anak memahami maksud kita pada saat memilih untuk tegas. Hal terpenting dari semua itu adalah sikap konsisten dalam membuat dan menjalankan peraturan. 

Sebagai orang tua kita tidak diperbolehkan untuk memaksakan kehendak. Cobalah untuk membuat aturan bagi anak dengan cara menyampaikan tujuan diberikan aturan tersebut dan sampaikan juga konsekuensinya bila anak melanggar aturan.

Dengan demikian sang anak akan berpikir positif dan negatifnya aturan tersebut dan akan meminta maaf dengan sendirinya bila dia melanggar aturan Seorang anak yang semula terbuka dapat menjadi super pendiam bila dia merasa tertekan. Anak akan menganggap orang tuanya sekedar figure pemberi aturan dan tidak sebagai sahabat. Inilah kenapa dia menjadi tidak terbuka lagi dengan kita. Suana seperti itu dapat memicu anak untuk mencari pelarian ke sebuah tempat yang membuatnya merasa tenang. Mereka pasti mencari bantuan atau tempat paling aman untuk mencurahkan perasaannya 

Orang tua wajib memberikan stimulasi tumbuh kembang yang merangsang kemampuan anak untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Apabila seluruh masalah diselesaikan orang tua, maka anak jadi kurang mandiri dan sangat tergantung dengan kita.

Untuk meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah, cobalah untuk mengijinkan si kecil melakukan apapun yang dia inginkan sehingga dia terbiasa mengambil keputusan sendiri. Namun demikian selalu damping dan ingatkan tentang aturan main yang telah kita buat. Biarkan dia mengetahui dan bertanggung jawab terhadap resiko perbuatannya. 

Bagaimana menurut rekan pembaca sekalian?

2 comments:

  1. cara ini bisa membuat si anak berfikir cerdas...

    ReplyDelete
  2. Pengobatan yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia yaitu obat herbal alami untuk mengobati kadar kreatinin dan ureum ada obat penurun kreatin dan ureum dengan menggunakan Jelly Gamat Gold-G sangat cocok untuk memperbaiki ginjal.

    ReplyDelete

Untuk pengembangan situs ini, kami sangat berterima kasih apabila pembaca menyampaikan pertanyaan, saran maupun kritik atas tulisan - tulisan kami.