Tidak menemukan informasi yang anda cari? Coba periksa semua artikel yang ada di e-kehamilan pada daftar artikel kami.
Daftar Artikel - Cepat Hamil - Kehamilan

Penyebab Keguguran

Keguguran adalah salah satu peristiwa meluruhnya sel telur yang telah dibuahi yang sebelumnya tertanam di dalam rahim. Dalam bahasa mudahnya, keguguran berarti kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keturunan karena gagalnya proses tumbuh dan kembang janin di masa kehamilan.

Untuk mencegah keguguran, ibu hamil perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab keguguran itu sendiri. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya keguguran :

Faktor Usia

Semakin tingginya usia seorang calon ibu, maka sebenarnya semakin tinggi pula resiko terjadinya keguguran dalam masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena telah berkurangnya produksi hormon pada calon ibu seiring meningkatnya usia. Adapun prosentase terjadinya keguguran bila diandingkan dengan usia adalah sbb :

Prosentase

ProsentaseUsia Wanita
13,29%12-19 tahun
11,10%20-24 tahun
11,89%25-29 tahun
15,01%30-34 tahun
24,60%35-39 tahun
51,00%40-44 tahun
93,41%> 45 tahun


Faktor Genetik

Keguguran dapat terjadi karena adanya faktor genetik. Kesalahan genetik tertentu tentunya dapat memicu timbulanya keguguran. Karena alasan inilah seharusnya pasangan yang akan menikah diharapkan melakukan pre marital test yang bertujuan mendeteksi adanya kelainan yang menyebabkan keguguran

Faktor Kesehatan

Kehamilan dapat berakhir dengan keguguran bila terdapat gangguan kesehatan di dalam rahim seperti miom. Konsultasi dengan dokter kandungan sangat diperlukan untuk membuat strategi mempertahankan kehamilan dan menghindari keguguran dengan riwayat miom

Faktor Anatomi

Kelainan bentuk pada rahim seorang wanita rupaya juga dapat memicu terjadinya keguguran. Dokter kandungan dapat melihat adanya kelainan ini dengan memperhatikan bentuk dan faktor kompetensinya untuk menahan sel telur dalam dinding rahim dan menjaga kehamilan.

Bila terjadi kelainan anatomi, dokter kandungan dapat melakukan terapi khusus pada sel telur agar tertanam lebih kuat dalam dinding rahim sehingga kehamilan dapat dipertahankan dan keguguran dapat dicegah.

No comments:

Post a Comment

Untuk pengembangan situs ini, kami sangat berterima kasih apabila pembaca menyampaikan pertanyaan, saran maupun kritik atas tulisan - tulisan kami.