Tidak menemukan informasi yang anda cari? Coba periksa semua artikel yang ada di e-kehamilan pada daftar artikel kami.
Daftar Artikel - Cepat Hamil - Kehamilan

Faqs Kehamilan - Suntik Hormonal

Salah satu pertanyaan yang sering dikeluarkan oleh pasangan suami istri kepada dokter kandungan adalah mengenai tata cara KB. Pilihan mereka tentunya ada banyak sekali, namun demikian ada beberapa yang bertanya-tanya karena setelah memilih KB dengan cara Suntik Hormonal ternyata ada yang tidak mendapatkan haid hingga lebih dari 1 bulan. Bahaya atau tidak KB dengan suntik hormonal itu?

Darah haid yang dikeluarkan wanita sebetulnya berasal dari lepasnya calon makanan yang dibentuk wanita sebagai persiapan untuk tempat menempel sel telur yang telah dibuahi. Calon makanan tersebut dibentuk dari penebalan dinding rahim yang akan rusak dengan sendirinya bila pada saat sel telur keluar, sel tersebut tidak dibuahi. Hasil penebalan dinding rahim tersebut keluar bersama darah haid yang dikeluarkan wanita.

Cara kerja alat kontrasepsi yang bernama Suntik Hormonal tersebut adalah membuat dinding rahim (endometrium) menjadi lebih tipis dengan menghindari proses persiapan dinding rahim sebagai tempat menempel sel telur yang telah dibuahi.


Jadi apabila benar kita tidak mendapatkan haid selama lebih dari satu bulan, maka hal ini wajar karena memang tidak ada dinding rahim yang menipis karena proses meluruhnya calon makanan bagi sel telur tersebut.

Apabila tidak ada keluhan yang menyertai sikuls haid anda seperti rasa sakit atau nyeri maka hal ini masih dikategorikan wajar dan tidak berbahaya. Apabila terdapat keluhan lain dalam penggunaan suntik hormonal tersebut maka sangat dianjurkan kepada ibu untuk berkonsultasi dengan tenaga medis guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

No comments:

Post a Comment

Untuk pengembangan situs ini, kami sangat berterima kasih apabila pembaca menyampaikan pertanyaan, saran maupun kritik atas tulisan - tulisan kami.