Tidak menemukan informasi yang anda cari? Coba periksa semua artikel yang ada di e-kehamilan pada daftar artikel kami.
Daftar Artikel - Cepat Hamil - Kehamilan

Proses Vakum Saat Melahirkan


"Tidak semua orang mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing proses melahirkan"

Pada saat melahirkan secara normal, dokter kandungan umumnya akan melakukan induksi untuk merangsang keluarnya bayi secara alami. Dokter kemudian memandu ibu untuk melakukan pernafasan guna membantu proses keluarnya bayi. Terkadang karena suatu hal, dokter dapat saja menggunakan alat bantu seperti tang maupun vakum. Apabila alat bantu ini tidak berhasil, maka jalan terakhir yang akan diambil tim medis adalah operasi sesar.

Beberapa ibu mungkin merasa kawatir ketika dokter membantu proses persalinan dengan menggunakan vakum. Mereka melihat bahwa bentuk kepala bayi menjadi lebih memanjang seperti benjol. Tentunya pendapat bahwa hal ini akan mempengaruhi proses tumbuh kembangnya bisa muncul bagi mereka yang belum mengerti.

Kepala bayi memang dapat berubah sesuai dengan jalan lahir. Bentuk kepala bisa mengikuti jalan lahir secara normal dan akan berubah pula bisa di vakum berbentuk memanjang atau benjol. Perlu diingat bahwa perubahan bentuk kepala ini tidak berakibat fatal bila memang bayi tidak mengalami pendarahan maupun kekurangan oksigen.

Selama bayi tidak mengalami trauma otak yang berakibat fatal, hal tersebut dianggap wajar. Bentuk memanjang (benjol) tersebut biasanya hanya bertahan beberapa hari dan hilang dengan sendirinya. Karena proses vakum tersebut aman, perkembangan otak bayi akan tumbuh seiring perkembangan bayi secara normal

No comments:

Post a Comment

Untuk pengembangan situs ini, kami sangat berterima kasih apabila pembaca menyampaikan pertanyaan, saran maupun kritik atas tulisan - tulisan kami.